Cara Terbaru Membuat Push Notifications di Blog Gratis

Tahapan pembuatan Push Notifications (push notifikasi) di Blog (blogspot, wordpress, atau CMS lain) pada dasarnya cukup mudah. Saat Anda mengunjungi situs (blog) lain menggunakan browser Chrome atau Firefox di handphone maupun komputer, tak jarang Anda akan menemukan notifikasi (pemberitahuan) agar Anda berlangganan di blog tersebut. Nah, itulah yang dimaksud dengan Push Notifications.

Cara buat Push Notifikasi

Contohnya Push Notifications yang ada pada blog ini, ketika Anda mengunjungi nya menggunakan browser Chrome atau Firefox, Anda akan melihat notifikasi button kecil yang muncul. Pemberitahuan tersebut akan meminta Anda untuk berlangganan di situs ini, Anda tinggal mengklik berlangganan atau tidak (tergantung pengunjung).

Bisa dikatakan cara ini merupakan salah satu trik para blogger untuk mendapatkan pengunjung setia sekaligus memperbanyak jumlah pengunjung di Blog nya. Setiap kali Anda mempublikasikan postingan baru atau mengupdate artikel maka otomatis mereka akan mendapatkan notifikasi bahwa sudah ada artikel baru di Blog Anda.

Untuk itu, pemasangan Push Notifikasi pada Blog sangat penting sekali untuk para pemilik Blog, karena akan memberikan keuntungan dari kedua pihak. Baik itu pemilik Blog ataupun pengunjung Blog tersebut.

Keuntungan Untuk Blog Yang Memasang Push Notifications

Kenapa Anda perlu membuatnya? Ya, tentu saja hal ini akan memberikan berbagai keuntungan yang didapat. Sebelum ketahap pemasangan nya perhatikan terlebih dahulu beberapa keuntungan yang di dapatkan pada Blog Anda.

1. Menaikkan Jumlah Angka Pengunjung Blog

Jika pada saat Anda memasang Push Notifikasi dan pengunjung di Blog Anda mengklik berlangganan, yang berarti setiap postingan terbaru Anda akan diinformasikan ke pengunjung tersebut. Jika mereka suka dengan konten Anda, kemungkinan besar mereka akan kembali ke situs Anda.

Baca juga: Cara Setting Domain Namecheap Ke Blogspot Terbaru

2. Menaikkan Jumlah Trafik

Sebelumnya sudah saya singgung di keuntungan yang pertama, seandainya pengunjung yang telah berlangganan di Blog Anda suka dengan konten-konten artikel yang Anda buat, pasti hal ini akan berpengaruh pada trafik Blog Anda yang berarti trafik Blog Anda akan semakin naik.

3. Mempermudah Pengunjung Blog

Tentu saja dengan adanya Push Notifications akan mempermudah para pengunjung yang ingin mendapatkan informasi dari Blog Anda, mereka tidak perlu lagi menghapal nama situs Anda. Cukup dengan klik Berlangganan, mereka sudah otomatis mendapatkan konten terbaru Anda.


Cara Membuat Push Notifications di Blog

Bagaimana? Tertarik membuat Push Notifications di blog Anda? Jika iya, saya akan memberikan langkah-langkah lengkapnya. Jika Anda khawatir pemasangan Push Notifikasi akan berbayar, maka itu tidak benar karena ini Gratis (free).

1. Kunjungi situs onesignal.com

2. Klik ' Sign Up ' pada pojok kanan atas untuk membuat akun Anda

3. Masukkan Email, Password, dan Company Or Organitation Name Anda (disini saya memasukkan nama Blog saya), klik ' Create Account '.

Cara buat Push Notifikasi

Catatan: Anda juga bisa membuat Akun dengan menggunakan Github, Google, atau Facebook.
4. Muncul keterangan seperti dibawah ini:

Check Your Email

We've sent a message to the email provided with a link to activate your account. This helps us verify your identity.

Yang artinya Anda diminta untuk mengecek email yang telah Anda masukkan sebelumnya.

5. Klik link yang telah dikirimkan lewat email, lalu muncul keterangan ' Email was Already confirmed, please try signing in ' yang berarti akun Anda sudah terkonfirmasi dan Anda diminta memasukkan nama email serta password sesuai akun yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian klik ' Log In '.

Cara buat Push Notifikasi

6. Jika tampilan seperti dibawah ini (All Applications), klik ' NEW APP/WEBSITE '.

Cara buat Push Notifikasi

  • APP NAME: Masukkan nama Blog Anda, lalu klik ' Create '. 
  • Edit app nama blog Anda: Scroll kebawah pilih Web Push, klik ' Next '.

7. Barulah muncul tampilan ' Configure Web Push '
  • Choose Integration: Pilih ' Wordpress Plugin or Website Builder ', lalu pada ' Select Your Website Builder/CMS ' pilih ' Blogger '. 

Cara buat Push Notifikasi

  • Blogger Site Setup: Masukkan nama, URL, icon, dan label Blog. 

Cara buat Push Notifikasi

  • Permission Prompt Setup: Klik ' Add A Prompt ', maka Anda akan diarahkan ke tampilan ' Permission Prompt Editor '. Disini Anda akan diminta untuk memilih Prompt Type, mengisi Slidedown Prompt, serta menyesuaikan tampilan di Preview. Jika sudah, klik ' Save '. 

Cara buat Push Notifikasi

  • Welcome Notifications (Optional): pada bagian ini untuk mengatur tampilan notifikasi, seperti title, message, maupun link. Namun, karena bersifat opsional Anda bebas untuk mengisi ataupun membiarkannya (default). 

Cara buat Push Notifikasi

  • Advanced (Optional): disini saya hanya membiarkannya default.
Klik ' Save '.

8. Muncul tampilan kode (Add Code To Site), klik ' Copy Code ' kemudian pastekan (tempel) ke setelan HTML tema di bawah (sesudah) kode <head> atau di atas (sebelum) kode </head>, lalu simpan HTML tema.

Cara buat Push Notifikasi

Kira-kira begini kode nya:
<script async='async' src='https://cdn.onesignal.com/sdks/OneSignalSDK.js'/>
<script> var OneSignal = window.OneSignal || [];
appId: "00da0000-fb00-000a-000c-0b000e0c000b",
OneSignal.push(function() { OneSignal.init({ }); });
</script>

9. Tahap terakhir kembali lagi ke tampilan  kode pada akun Anda, klik ' Finish ', lalu cek Blog Anda apakah notifikasinya sudah muncul ataukah belum. Jika sudah, tahap pemasangan Push Notifications telah selesai.

Baca juga: Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Analytics

Demikian tutorial Cara Membuat Push Notifications Gratis di Blog. Untuk memantau siapa saja yang berlangganan di Blog Anda,  Anda dapat melihat pada dashboard akun di onesignal.com.

1 comment

  1. terimakasih gan artikel sangat bermanfaat

    www.koraninformasi.com

    ReplyDelete
Size 1110x120