Cara Mudah Menghapus Nomor Telepon Di Kontak Secara Bersamaan

Menghapus Nomor Telepon Di Kontak Secara Bersamaan tidaklah sulit, karena pada dasarnya hal tersebut sudah tersedia pada fitur bawaan di setiap handphone Android. Jika Anda mencoba menghapus nomor telepon satu persatu pastinya akan sulit dan melelahkan, apalagi nomor telepon nya sangat banyak misalnya berjumlah ratusan.

Cara menghapus kontak telepon bersamaan

Memiliki jumlah kontak nomor telepon yang lumayan banyak di handphone Android sangat merepotkan jika Anda mencoba untuk menghapusnya. 

Apalagi punya sampai ratusan atau bahkan ribuan, bisa tepar nih tangan, hehe. Kan rasanya tidak logis jika harus dihapus satu persatu.

Alasan Seseorang Perlu Menghapus Nomor Telepon Di Kontak Handphone Android

Berbeda jika nomor handphone yang ada hanya sedikit, Anda bisa melakukannya secara manual saja. Mengapa seseorang perlu menghapus banyak nomor telepon pada kontak di smartphone Android nya? 

Simak alasan berikut, mungkin salah satu  diantara dari alasan berikut sama seperti permasalahan yang sedang Anda alami.

1. Handphone Anda Dijual Kepada Orang Lain

Nah, hal ini sangat penting untuk kalian lakukan. Hapuslah semua nomor telepon pada handphone Android Anda sebelum handphone tersebut diserahkan ke pemilik baru handphone tersebut. 

Akan sangat tidak aman jika Anda membiarkan nomor telepon tersebut jika tidak dihapus, bisa saja orang lain akan menyalahgunakan nomor tersebut.

2. Membeli Handphone Second (bekas)

Kata "bekas" bukan berarti handphone yang Anda beli tersebut sudah rusak dan usang. Namun, arti dari handphone "bekas" yang saya maksud adalah handphone seken (second) yang sebelumnya sudah pernah dimiliki dan dipakai orang lain yang kemudian Anda membelinya sehingga menjadi pemilik baru handphone tersebut.

Pada saat Anda sudah sebagai pemilik handphone Android yang baru, pastinya Anda ingin data-data pemilik yang lama dapat terhapus. 

Salah satu data yang perlu dihapus adalah nomor telepon di kontak, karena untuk apa menyimpan nomor handphone yang sebenarnya Anda sudah tidak memerlukannya lagi. Maka dari itu, lebih baik hapus semua dan masukkan nomor telepon yang baru ke handphone tersebut.

Baca juga: Tanpa Reset! Cara Ampuh Mengatasi Lupa Pola, PIN, dan Kata Sandi Pada Handphone Android

3. Nomor Telepon Yang Ada Sudah Tidak Aktif Lagi

Kasus seperti ini sebenarnya cukup jarang ditemukan, namun bukan berarti tidak ada. Hal ini berarti nomor telepon yang terdapat pada handphone Android Anda semua sudah tidak aktif. Jadi, untuk apa menyimpan nomor tersebut lagi.

Begini trik nya, jika isi kontak pada handphone Android Anda kebanyakan nomor telepon yang sudah tidak aktif lagi. Namun, juga masih terdapat beberapa yang masih aktif. 

Perkirakan hal berikut, bandingkan nomor telepon yang aktif dan tidak aktif kebanyakan yang mana?.

Jika kebanyakan yang tidak aktif maka tutorial yang akan saya bagikan ini bisa Anda coba lakukan. Karena nantinya akan ada opsi hapus semua atau hanya beberapa saja. Klik pilih semua, lalu un-checklist nomor telepon yang masih aktif.


Lakukan langkah-langkah nya dengan benar, kalaupun nantinya pada saat mempraktekkan nya akan terlihat berbeda. Namun, pada dasarnya gambaran cara ini hampir sama pada semua jenis handphone Android.

Dibawah ini cara menghapus kontak secara bersamaan:

1. Buka Setting/Pengaturan pada handphone Anda

2. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Aplikasi Sistem, kemudian klik Kontak.

Pengaturan: Kontak
Pengaturan: Kontak

Pengaturan pada setiap handphone Android kemungkinan besar akan berbeda-beda, jika Anda tidak menemukan pilihan Aplikasi Sistem. Maka, lebih baik langsung cari (search) saja di pencarian pengaturan ketikkan Kontak lalu klik. Biasanya akan langsung muncul tampilan untuk pengaturan kontak.

3. Klik Kontak Kartu SIM, disini Anda tinggal memilih nomor telepon yang tersimpan pada SIM 1 atau SIM 2 (disini saya contohkan untuk memilih SIM 1).

Pengaturan: Kontak Kartu SIM
Pengaturan: Kontak Kartu SIM

4. Klik Pilih, lalu tentukan mana nomor telepon yang akan dihapus. Jika semuanya, silahkan klik Semua atau Pilih Semua.

Pengaturan: Isi Kontak
Pengaturan: Isi Kontak

5. Hampir tahap terakhir, klik Hapus dengan gambar icon tong sampah.

6. Muncul tampilan berikut (lihat gambar) untuk mengkonfirmasi bahwa nomor telepon yang dipilih memang benar-benar ingin dihapus, kemudian klik Hapus Semua Kontak.

Pengaturan: Konfirmasi Hapus Kontak
Pengaturan: Konfirmasi Hapus Kontak

7. Taraa... Dalam sekejap, semua isi kontak Anda telah terhapus secara permanen.

Kontak Berhasil Dihapus
Kontak Berhasil Dihapus

Demikian tutorial Cara Menghapus Nomor Telepon Di Kontak Secara Bersamaan. Kembali lagi saya katakan, tampilan pengaturan di handphone Anda sedikit banyaknya akan berbeda.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Aplikasi Ganda Di Handphone Android

Untuk itu, jika Anda mengalami beberapa kesulitan dengan cara diatas, silahkan Anda bertanya di kolom komentar (pasti saya bantu jawab dan memecahkan permasalahannya).

Post a Comment

Size 1110x120