Cara Mudah Membuat Aplikasi Ganda Di Handphone Android

Mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda (App Cloner)

Membuat atau menginstal aplikasi ganda di handphone Android biasanya diperlukan untuk orang yang tidak ingin susah payah menggunakan perangkat berbeda hanya untuk menggunakan akun berbeda pada aplikasi yang sama. Dengan kata lain menginstal 2 aplikasi yang sama dalam 1 smartphone Android.

Meskipun banyak aplikasi di play store yang berfungsi untuk menggandakan beberapa aplikasi, tetapi sebenarnya ada pengaturan bawaan handphone Android Anda. Tanpa harus mendownload ulang aplikasi dan lebih hemat ruang penyimpanan.

Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan yang biasanya tersedia di Play Store. Karena untuk menjadikan aplikasi pada handphone Android yang semulanya hanya satu sehingga dapat dijadikan dua (ganda) dapat kalian setting di pengaturan bawaan handphone Android itu sendiri.


Aplikasi Yang Dapat Dan Tidak Dapat Diinstal Jadi Ganda

Namun ketahuilah bahwa tidak semua aplikasi dapat digandakan. Dibawah ini terdapat contoh jenis aplikasi yang bisa dan yang tidak bisa diinstal jadi dua (ganda).

Dapat Digandakan

Jenis aplikasi ini seperti yang biasa digunakan sebagai tempat media sosial.

Contoh aplikasi yang bisa diinstal jadi aplikasi ganda:

  • Instagram
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Messenger

Baca juga: Cara Terbaru Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps, Mudah!

Tidak Dapat Digandakan

Jenis aplikasi yang tidak bisa digandakan atau dikloning adalah aplikasi seperti game, yang tidak berfungsi seperti media sosial.

Berikut contohnya:

  • Game 
  • Layanan provider 
  • Aplikasi edit foto, video, dan lainnya


Fungsi Dan Kegunaan Adanya Fitur Aplikasi Ganda

Lantas apa kegunaan adanya fitur aplikasi ganda di handphone Android? Hal ini memang bukanlah fitur baru, karena sudah dari beberapa tahun terakhir fitur ini telah ada. Aplikasi ganda memungkinkan Anda menjalankan klon sampai 2 aplikasi sekaligus.

Contoh aplikasi yang digandakan (klon)
Contoh aplikasi yang digandakan (klon)

Jika ditanya apa kegunaannya? Ya tentu saja, setiap fitur yang tersedia pasti memiliki kegunaannya. Namun, dalam hal ini kegunaannya adalah akan memudahkan pengguna handphone Android yang mempunyai 2 akun media sosial tanpa harus mempunyai perangkat yang berbeda.


Jika Anda tertarik dan penasaran bagaimana mengaktifkan akun ganda di handphone Android.

Baca juga: Cara Terbaru Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps, Mudah!

Silahkan simak cara mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda berikut.

Catatan: meskipun handphone yang digunakan berbeda, namun cara ini hampir sama dan perbedaannya tidak akan terlalu signifikan.
1. Buka Pengaturan/Setting di handphone Android Anda.

2. Scroll kebawah dan cari pilihan App Cloner, lalu klik. Jika tidak ditemukan cari (search) saja dengan keyword App Cloner atau Aplikasi Ganda (cari di atas dengan dengan icon Kaca Pembesar) untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Cara mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda (App Cloner)

3. Pilih aplikasi mana yang ingin Anda gandakan, klik tanda panah seperti ini >.

Cara mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda (App Cloner)

4. Aktifkan kloning aplikasi, jika Anda ingin mengganti nama aplikasi yang dikloning klik Ganti Nama Aplikasi yang Dikloning dan Simpan.

Cara mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda (App Cloner)

Cara mengaktifkan fitur Aplikasi Ganda (App Cloner)

Begitulah langkah-langkah mengaktifkan fitur aplikasi ganda di handphone Android. Cukup mudah bukan? Silahkan dipraktekkan pada perangkat handphone Android Anda.

Post a Comment

Size 1110x120