Cara Terbaru Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps, Mudah!

Cara mendaftarkan lokasi dan alamat di Google Maps

Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps sangat berguna untuk Anda yang memiliki bisnis ataupun usaha agar dapat ditemukan dengan mudah oleh banyak orang. Saat ini, banyak sekali fitur-fitur dari google yang semakin memudahkan penggunanya, tentu saja salah satunya adalah Google Maps ini.

Dengan menambahkan lokasi alamat atau tempat di Google Maps, itu berarti Anda sudah ikut berkontribusi pada fitur yang tersedia.

Siklus Kerja Penambahan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps

Zaman sudah semakin modern, teknologi sudah semakin canggih. Saat ini, tinggal tentang bagaimana kita memanfaatkan berbagai peluang agar bisnis ataupun usaha lain dapat lebih mudah ditemukan. 

Siklus nya seperti ini:

Bisnis/Usaha --> Promosikan --> Banyak dikenal orang --> Banyak orderan --> Rating bagus --> Untung besar

Memang semua tidak semudah dengan apa yang dibayangkan, namun jika konsisten dan sabar pasti akan menuai keberhasilan. Jika belum sekarang berhasil, mungkin suatu saat akan berhasil. Barengi kedua hal ini Usaha dan Doa.

Kebanyakan orang yang ingin mendaftarkan atau menambahkan lokasi alamat bisnisnya berharap pada semakin terkenal usahanya, maka otomatis akan berdampak positif pada bisnis yang dibangunnya. 

Namun perlu diingat, bahwa untuk menambahkan lokasi alamat tidak hanya tempat bisnis saja. Anda juga dapat menambahkan lokasi alamat kantor, sekolah, atau bahkan lokasi rumah sendiri.

Cara Kerja Google Maps Di Hasil Pencarian Google

Cara kerjanya cukup mudah, contohnya: Jika Anda memiliki bisnis sate klatak di Jogja dengan nama Sate Klatak Pak Kumis. Sewaktu-waktu seseorang mencari sesuatu di search engine Google, katakanlah dengan keyword Sate Klatak di Jogja. 

Nah, maka kemungkinan besar nama tempat bisnis yang sebelumnya sudah ditambahkan ke Google Maps akan muncul di hasil pencarian Google.

Tentu saja, hal ini akan sangat menguntungkan si pemilik bisnis tersebut. Ketika seseorang ingin membeli makanan yang dimaksud maka hanya perlu melihat Google Maps untuk tahu lokasi alamat nya.


Keuntungan Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps

Sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan lokasi alamat atau tempat di Maps.

1. Banyak Orang Yang Tahu/Kenal

Menambahkan lokasi alamat di Google Maps merupakan salah satu metode promosi jika Anda memiliki suatu usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. 

2. Menambah Pundi-pundi Uang

Jika usaha dan bisnis sudah banyak dikenal orang, maka kemungkinan besar orang akan tertarik dengan bisnis yang Anda punya. Sedikit demi sedikit orang akan percaya dengan bisnis Anda, dan berangsur-angsur keuntungan akan bertambah.

Meskipun semua tergantung pada kualitas usaha yang sedang Anda tekuni, kembali lagi ada harga ada kualitas. Jika harga yang ditawarkan mahal akan tetapi kualitas nya buruk. Maka bisnis Anda akan terkenal dengan asumsi buruknya bukan baiknya.

Maka dari itu berikanlah yang terbaik dari setiap Usaha Anda.

3. Tempat Promosi Gratis

Ya, Anda tidak perlu membayar 1 perak pun untuk menambahkan lokasi alamat bisnis Anda di Google Maps. Bahkan saat ini ada fitur lain milik Google yaitu Google Bisnisku. It's easy!, tambahkan, isi form dengan lengkap, lalu publish kan.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google Atau Email Di Handphone Android


Cara Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps

Take Action! Cukup mudah, dibawah ini terdapat tahapan lengkap yang harus Anda lakukan jika ingin menambahkan lokasi alamat atau tempat di Google Maps.

1. Buka aplikasi Google Maps di Android Anda, jika belum login dengan akun Google yang Anda punya. Maka silahkan login terlebih dahulu.

2. Klik pilihan menu garis tiga pada pojok kiri atas, scroll (geser) ke bawah kemudian pilih Tambahkan tempat lalu klik.

Cara mendaftarkan lokasi dan alamat di Google Maps
Tambahkan tempat

3. Muncul form Tambahkan Tempat, isi seperti instruksi berikut.

Cara mendaftarkan lokasi dan alamat di Google Maps
Nama, Kategori, dan Lokasi

  • Nama: Nama bisnis atau nama pribadi Anda (bebas).
  • Kategori: Isi dengan jenis usaha yang Anda punya, contohnya: Restoran, Penginapan, Perancangan Web, dan lainnya.
  • Lokasi: Disini ada dua opsi pilihan dalam memilih lokasi, yaitu:
  • Yang pertama otomatis (klik icon lokasi) biasanya jika lokasi yang ditambahkan ketika Anda berada diposisi yang dimaksud.
  • Yang kedua manual (masukkan alamat lokasi yang dimaksud secara manual).
  • Tambahkan nomor telepon, jam buka, situs, tanggal buka, dan foto, klik icon tanda panah kebawah.

Cara mendaftarkan lokasi dan alamat di Google Maps
Jam buka, Kontak, Situs, Tanggal pembukaan, dan foto

  • Jam buka: atur informasi jam buka usaha Anda.
  • Kontak: masukkan nomor telepon yang dapat dihubungi. 
  • Situs (opsional): masukkan nama situs Anda jika punya. Namun, jika tidak biarkan kosong.
  • Tanggal buka: tanggal dimana tempat bisnis Anda dibuka secara resmi (umum).
  • Tambahkan foto: Klik icon Kamera, lalu pilih foto untuk tampil lokasi Anda (bisa lebih dari satu).

Pastikan semua diisi dengan baik dan benar, meskipun nantinya dapat diedit kembali. Tetapi sebaiknya pastikan informasi yang ada itu benar.

4. Jika semua sudah benar, hanya perlu satu langkah terakhir yaitu kirimkan dengan cara klik icon seperti pesawat terbang kertas di pojok kanan atas. Selesai lokasi Anda sudah berhasil ditambahkan di Google Maps.


Isi Email Berhasilnya Ditambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps

Untuk memastikan bahwa memang benar lokasi Anda sudah disetujui untuk dipublikasikan ke Google Maps, silahkan cek email sesuai dengan akun google yang digunakan untuk mendaftarkan lokasi Anda sebelumnya.

Baca juga: Cara Terbaru Menambahkan Metode Pembayaran Pulsa Di Google Play Store

Isi email yang Anda terima akan seperti ini:

Dipublikasikan: Penambahan Anda pada ..... ..........



Hasil edit Anda diterima

Hasil edit Anda pada .... .......... telah diterima. Perhatikan bahwa beberapa perubahan mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam sebelum muncul di Google.

Terima kasih telah menyempurnakan Google Maps! Insight yang Anda berikan membuat Google Maps menjadi peta yang lebih baik dan berguna untuk semua orang.

Email tersebut adalah tanda bahwa lokasi alamat atau tempat Anda sudah berhasil ditambahkan. Seperti yang tertera di dalam isi email, bahwa pada beberapa perubahan mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam sebelum muncul di Google. 

Jadi jangan khawatir terlebih dahulu jika alamat yang Anda tambahkan belum sepenuhnya ada di hasil pencarian Google.

Sekian tutorial kali ini tentang Cara Terbaru Menambahkan Lokasi Alamat Atau Tempat Di Google Maps. Any question? Silahkan komentar dibawah.

Post a Comment

Size 1110x120